26 Okt 2012

Membuat Teks Area dengan Tombol Tandai Semua

cara membuat teks area, setelah sebelumnya saya menulis tentang cara mudah membuat spoiler, kali ini saya akan membagikan cara saya membuat teks area.

Biasanya teks area digunakan untuk menuliskan kode atau script di dalam postingan sebuah blog, oleh karena itu dalam postingan kali ini saya akan berikan kode teks area dengan tambahan fungsi tandai semua atau ctrl+a , sangat cocok untuk anda yang ingin membagikan kode di postingan blog anda, silahkan ikuti tutorialnya.


Pada saat menulis postingan, sama seperti cara membuat tulisan marquee, masuklah ke mode HTML terlebih dahulu, kemudian anda salin kode berikut ;

 <div>
<form name="copy">
<div align="center">
 <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Tandai Semua" /> </div>
<div align="center">
 <textarea cols="30" name="txt" rows="10" wrap="VIRTUAL">Ganti tulisan ini dengan tulisan atau Kode HTML yang akan anda tampilkan di dalam text area</textarea></div>
</form>
</div>

Contoh, jika saya membuat teks area dengan kode berikut,

   <div>
<form name="copy">
<div align="center">
 <input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Tandai Semua" /> </div>
<div align="center">
 <textarea cols="30" name="txt" rows="10" wrap="VIRTUAL">Ini adalah teks area buatan saya, berhasil kan? mau nyoba juga di blog anda?</textarea></div>
</form>
</div>

Maka hasilnya akan seperti ini ;


Ada beberapa kode yang harus anda perhatikan saat membuat teks area dengan cara saya di atas, lihat tulisan ,
value="Tandai Semua" , anda dapat merubahnya teserah keinginan anda, contohnya seperti Mark all, atau Highlight all
textarea cols="30" ,ini untuk mengatur lebar dari teks area buatan anda, semakin besar angkanya, maka teks area buatan anda akan semakin memanjang ke samping.
rows="10", ini untuk mengatur tinggi teks area anda, silahkan sesuaikan dengan selera anda masing masing.



Sebenarnya masih banyak jenis dari teks area dan kode nya masing masing, namun untuk posting kali ini saya berikan satu dulu kode di atas, jenis teks area lainnya akan menyusul di posting berikutnya.

Terima kasih telah membaca cara membuat teks area

Tidak ada komentar: